Cara Mengatasi Laptop Masuk BIOS Terus Setiap Dihidupkan

Cara Mengatasi Laptop Masuk BIOS Terus Setiap Dihidupkan – Ketika pertama kali anda ingin menggunakan laptop pasti langkah awal adalah menghidupkannya terlebih dahulu dengan menekan tombol Powen On/Off.

Pada umumnya saat dinyalakan otomatis laptop akan langsung masuk pada sistem operasi Windows atau Linux sesuai yang anda gunakan saat itu. Namun sebagai kasus spesifik saya akan membahas Laptop yang masuk BIOS terus menerus saat menggunakan windows.

Ketika anda membaca artikel ini berarti anda sedang mengalami masalah tersebut bukan? Entah itu pada laptop anda sendiri atau orang lain yang mana anda ingin mencoba untuk mengatasi hal tersebut.

Dengan kejadian tersebut hal ini sangat mengganggu aktifitas pekerjaan anda, karena anda tidak dapat menggunakan software – software yang terdapat pada windows.

Saat laptop menyala biasanya akan ada proses booting terlebih dahulu untuk memproses sistem operasi apa yang akan dijalankan, namun karena sistem mengalami kendala atau crash maka proses boot tidak akan menjalankannya.

Oleh karena itu kita ketahui apa saja penyebab laptop yang masuk ke bios terus menerus:

  • Sistem windows crash

Ini yang paling umum terjadi, Sistem windows yang mengalami crash biasanya akibat beberapa masalah misalnya sistem sudah terinfeksi oleh virus dan antivirus menghapus file sistem, salah dalam membersihkan sistem memakai software cleaner.

Secara otomatis kehilangan file sistem membuat proses booting tidak dapat membacanya. Dan proses booting akan terus mengulang.

  • Drive Harddisk atau SSD tidak terbaca

Ini juga adalah penyebab yang sering kali terjadi bilamana drive sistem tidak terbaca akan membuat booting tidak dapat membaca siste windows.

Biasanya user pernah melakukan perubahan pada drive atau memisahkan drive menjadi 2 bagian, dan lupa untuk menentukan drive utama (drive c:)

  • Hardware terjadi masalah

Ini juga bisa menjadi indikasi booting tidak dapat melakukan proses sebagaimana seharusnya, pada umumnya masalah hardware yang terjadi terletak pada baterai CMOS.

Setelah anda mengetahui apa saja penyebabnya anda dapat berfikir pijak untuk mengambil tindakan seperti apa untuk mengatasi laptop yang langsung masuk ke BIOS terus menerus saat dinyalakan atau dihidupkan.

Cara Mengatasi Laptop Masuk BIOS Terus Setiap Dihidupkan

Cara Mengatasi Laptop Masuk BIOS Terus

1. Matikan Laptop Dan Lepas Baterai

Cara pertama untuk menangani laptop bermasalah yang sering masuk ke BIOS adalah dengan mencopot baterai.

Anda bisa mematikan laptop terlebih dahulu kemudian silahkan copot baterai laptop anda dengan mengikuti instruksi pada bagian stiker baterai.

Setalah itu anda bisa diamkan beberapa saat, dan nyalakan laptop tanpa menggunakan baterai. Jika berhasil anda bisa memasang kembali baterai anda.

2. Mengembalikan Pengaturan Default BIOS

Seringkali beberapa pengaturan pada windows dapat merubah BIOS. Anda bisa mengatur ulang BIOS menjadi default akan dapat membaca harddisk anda.

3. Cek Disk (Harddisk atau SSD)

Sebelum anda memutuskan dan berfikir untuk membeli baru, ada baiknya anda membongkar harddisk atau SSD di perangkat laptop anda.

Mengapa perlu dilakukan? biasanya laptop sering kali mengalami guncangan saat anda bawa ke mana-mana.

Periksa terlebih dahulu apakah disk tersebut mengalami kendur? dan pastikan harddisk atau SSD sudah masuk sepenuhnya pada slot motherboard.

Sebelum memasang penutupnya kembali silahkan anda coba nyalakan terlebih dahulu apakah laptop anda sudah kembali kondisi normal yang artinya bisa masuk ke windows, jika bisa anda tidak perlu memikirkan untuk menggantinya.

Namun jika ternyata langkah ini sudah dicoba namun tidak kembali maka ada indikasi harddisk anda mengalami bad sector.

bad sector adalah keadaan harddisk atau memori mengalami kerusakan sector sehingga penyimpanan ada removable disk atau harddisk tidak dapat digunakan untuk media penyimpanan lagi.

Jika sudah demikian anda tidak perlu mempertimbangkan lagi untuk mengganti harddisk atau SSD dengan yang baru.

4. Nonaktifkan Secure Boot

Secure boot merupakan salah satu dari sekian pengaturan booting yang ada pada sistem operasi. Dengan adanya secure boot ini akan membantu keamanan dari setiap sistem operasi.

Hanya terkadang perubahan sedikit saja dapat mengganggu proses jalannya booting sistem operasi.

Jadi hal yang harus kita lakukan adalah menonaktifkan secure boot lewat BIOS. Caranya bisa sebagai berikut:

  • Masuk ke sistem BIOS, anda bisa cek cara masuk bios pada artikel kami sebelumnya.
  • Lalu masuk ke tab Security.
  • Arahkan ke bagian bawah menggunakan tombol arah lalu Enter untuk mengubahnya menjadi Disable

5. Mengubah Mode Boot Ke Legacy

Setiap laptop dibekali dengan booting dan untuk mode boot memiliki 2 tipe yaitu mode UEFI dan Legacy.

Untuk mengubah mode pada booting anda bisa ikuti cara berikut ini:

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah masuk ke sistem BIOS
  • Berikutnya silahkan anda pilih atau tab Boot
  • Pada bagian tab Mode ubah menjadi Legacy
  • Lalu pilih Exit, lalu Save pengaturan
  • Restart laptop anda

Jika keadaan masih belum teratasi mungkin anda bisa cek tahap berikutnya supaya bios anda dapat teratasi.

6. Install Ulang Windows Baru

Bila cara di atas tidak juga mampu mengembalikan bios anda seperti sedia kala ya langkah terakhir adalah dengan melakukan install ulang windows, untuk melakukan install ulang cukup mudah.

Anda bisa memanfaatkan flashdisk untuk membuat bootable, atau bisa juga dengan memanfaatkan jasa instal ulang.

Seperti yang pernah kami bahas dalam artikel sebelumnya.

Ada banyak faktor yang memang mengharuskan anda untuk menginstall ulang laptop anda.

Jangan lupa baca artikel sebelumnya mengenai Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Terlengkap membantu anda untuk menginstall ulang laptop anda.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan kepada anda seputar cara mengatasi laptop yang tidak mau masuk ke BIOS setiap kali dihidupkan.

Nah jika terdapat pertanyaan seputar laptop, pc, atau komputer dapat memberikan komentar di kolom yang disediakan.