Cara Membersihkan Sampah di Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Membersihkan Sampah di Laptop Tanpa Aplikasi – Kebayang kan jika laptop anda merasa lemot seperti keong atau semut? pasti anda tidak ingin hal ini terjadi pada laptop atau komputer anda.

Untuk menghindari hal demikian mulai sekarang ada baiknya anda melakukan perawatan secara berkala.

Membersihkan file sampah pada laptop atau bisa disebut juga clear cache harus di kerjakan minimal 1 minggu sekali, mengapa demikian? karena jika anda pengguna aktif banyak sekali berkas – berkas maupun program yang meninggalkan cache pada file sistem,

Nah hal ini akan mengganggu kinerja dari sistem anda dan berjalan tanpa sepengetahuan anda.

Semakin banyaknya file cache tentu akan mempengaruhi RAM atau memori sistem, anda tidak dapat menghapus file cache secara manual karena cache ini memiliki ekstensi khusus yang tidak dapat dilihat.

Untuk dapat menghapus file tersebut anda bisa gunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Adapun caranya bisa anda dapatkan pada tutorial kami berikut ini.

Cara Membersihkan Sampah di Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Membersihkan Sampah di Laptop

Sampah atau temporary cache bisa anda bersihkan dengan berbagai cara tanpa aplikasi yaitu seperti berikut:

1. Membersihkan Temporary Cache Dengan CMD

Membersihkan sampah dengan cara ini bisa juga disebut dengan defrag, kerana kode yang akan kita tuliskan pada commond prompt memakai defrag. Berikut tutorialnya:

  1. Pertama masuk ke menu Windows dan ketik CMD, lalu klik kanan pilih Run Administrator.
  2. Lalu muncul commond prompt, ketikan perintah defrag c:
  3. Kemudian Disk Defragment akan memindai drive anda, dan akan menghapus file sampah

Untuk mengubah jenis drive yang anda inginkan cukup mengubah kode c: yang mengartikan sebuah drive, bila anda ingin membersihkan drive d bisa ubah dengan kode d:

2. Melalui Recycle Bin

Untuk membersihkan file sampah anda juga bisa masuk pada menu Recycle Bin pada windows 7, 8 dan 10. Di setiap versi windows anda bisa melakukannya dengan cara yang sama.

  1. Klik menu Windows, berikutnya pada menu Search anda ketik Recycle Bin
  2. Lalu jika terdapat banyak file sampah yang terendap, anda bisa klik tombol Empty The Recyle Bin

Untuk cara yang kedua ini anda harus tetap menjalankan program Disk Clean Up untuk membersihkan hingga ke file tersembunyi.

3. Dengan Disk CleanUp

Anda bisa memanfaatkan program Disk Cleanup yang merupakan bawaan dari Windows, untuk setiap versi windows berbeda – beda anda bisa melakukannya dengan cara:

  1. Window 7 » All Programs » Accesories » System Tools » Disk Cleanup
  2. Windows 8 ke atas » All apps » Windows Administrative Tools » Disk Cleanup

Setelah anda masuk pada program silahkan tentukan drive mana yang ingin anda bersihkan, cukup tekan OK dan proses scanning berjalan, berikutnya anda bisa centang semua file temporary dan klik OK untuk mulai membersihkan.

Baca juga artikel menarik lainnya yang membantu anda Cara Mematikan Komputer Dan Laptop Lebih Cepat dengan berbagai tips yang bisa dicoba.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membersihkan file sampah tanpa menggunakan aplikasi di Windows 7, 8 dan 10 yang bisa anda lakukan. Jika terdapat beberapa pertanyaan silahkan anda bisa menghubungi kami melalui menu kontak di bawah ini.